Senin , 23 Oktober 2017
Home / Berita / Uji Coba Balon WiFi Helion, Startup Indonesia jadi Pesaing Project Loon Google
Uji Coba Balon WiFi Helion
Uji Coba Balon WiFi Helion (Kredit: detikINET)

Uji Coba Balon WiFi Helion, Startup Indonesia jadi Pesaing Project Loon Google

Adhepedia – Teknologi penyebaran internet melalui Balon WiFi pertamakali diperkenalkan oleh perusahaan raksasa internet Google dengan nama  project loon. Tujuan Project Loon Google ini adalah untuk menghadirkan akses internet ke daerah-daerah terpencil .

Dengan tujuan yang sama, kini startup asal Bandung Insitek siap menjalankan proyek serupa dengan menguji coba Balon WiFi yang diberi nama Helion. Pengujian tersebut rencananya akan dimulai pada hari Jumat, 12 Februari 2016 di kawasan kampus Institut Teknologi Bandung (ITB).

Menurut Hagorly M Hutasuhut sang pendiri startup Insitek, balon ini nantinya akan mengudara pada ketinggian maksimal 25 meter hingga 50 meter. Meski diterbangkan tak terlalu tinggi Balon WiFi Helion ini secara teori bisa memancarkan internet dalam jangkauan yang cukup luas hingga 4 kilometer persegi.

Seperti dilansir dari Detik Inet, balon WiFi Helion ini memang sengaja didesain untuk terbang rendah, karena juga akan dimanfaatkan sebagai sarana Advertising Visual.  Selain itu, balon Helion pun dapat pula dimanfaatkan sebagai sarana pemetaan wilayah untuk kepentingan nasional.

Balon WiFi Helion ini bukan seperti balon udara pada umumnya, karena di desain khusus sebagai flying BTS atau BTS terbang yang ditempatkan di satu tempat atau bisa juga dikendalikan dari jarak jauh, atau disesuaikan dengan kondisi serta manfaat yang ingin diperoleh dari balon WiFi ini.

Balon WiFi Helion ini menggunakan koneksi VSAT dan fiber optik sebagai backhaul agar dapat menyebarkan koneksi internet WiFi dalam jangkauan yang luas tanpa khawatir mengalami penurunan kualitas sinyal.

Semoga saja pengujian proyek balon WiFi karya anak bangsa ini akan berhasil, agar lebih banyak lagi yang dapat menikmati akses internet yang murah dan berkualitas.

Baca juga :  ZTE Blade Z Max, Smartphone Dual Kamera Dibawah 2 Juta

Check Also

Harga Samsung Galaxy J5 Pro dan J7 Pro

Inilah Spesifikasi dan Harga Samsung Galaxy J5 Pro dan J7 Pro

KabarTekno.id – Vendor smartphone asal Korea Selatan, Samsung kembali memboyong dua smartphone dari keluarga Galaxy …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *