Senin , 23 Oktober 2017
Home / Berita / Project Skybender, Sebarkan Internet 5G lewat Drone
Project Skybender
Ilustrasi Google Project Skybender (Kredit: Google Titan)

Project Skybender, Sebarkan Internet 5G lewat Drone

Adhepedia – Pernah mendengar proyek Google Loon? Proyek perusahaan raksasa raksasa internet Google ini bertujuan untuk menyebarkan akses internet kedaerah-daerah terpencil yang belum terjangkau jaringan internet konvensional. Dikabarkan Indonesia akan menjadi negara ke-4 yang menguji coba Project Loon ini dalam skala besar.

Masih dengan tujuan yang sama, Google dikabarkan sedang menguji coba metode baru untuk menyebarkan akses internet berkecepatan tinggi melalui drone tenaga surya. Seperti dikutip dari TheVerge (29/1/2016), proyek rahasiah Google tersebut diberi nama Project Skybender.

Untuk mewujudkan proyek ini, Google dikabarkan telah menyewa hanggar seluas 15.000 kaki persegi untuk melakukan riset dan serangkaian pengujian proyek Skybender, di pelabuhan pesawat luar angkasa Amerika, di New Mexico. Fasilitas tersebut juga difungsikan sebagai pusat kontrol dari drone tenaga surya tersebut.

Berbeda dengan Project Loon yang menggunakan balon udara, Project SkyBender ini menggunakan pesawat tanpa awak atau drone tenaga surya yang berfungsi layaknya satelit. Selain itu, Project Skybeder ini akan menberpotensi mampu mentransmisikan koneksi internet super cepat hingga 40x lebih cepat  dibanding 4G-LTE.

Project SkyBender ini menggunakan teknologi gelombang milimeter yang mampu mengirimkan data berkecepatan gigabit per-detik. Gelombang milimeter ini disebut-sebut akan menjadi cikal-bakal jaringan internet mobile 5G.

Namun disebutkan juga bahwa gelombang milimeter memiliki jangkauan yang lebih pendek dari sinyal smartphone yang saat ini digunakan, selain itu gelombang milimiter ini mudah terintervensi oleh kondisi cuaca seperti hujan, kabut, dan salju. Namun dengan menggunakan apa yang disebut phased array, masalah tersebut akan teratasi sehingga jangkauannya akan lebih luas.

Namun kabar tersebut belum dikonfirmasi secara langsung oleh Google, mengingat proyek ini merupakan proyek rahasia Google. Kita tunggu saja kabar selanjutnya dan semoga Project Skybender ini akan segera rampung sehingga akses internet supercepat bisa dinikmati secara lebih luas bahkan didaerah terpencil sekalipun.

Baca juga :  Seksinya Pasar e-Commerce Indonesia membuat eBay Tergoda

Check Also

Harga Samsung Galaxy J5 Pro dan J7 Pro

Inilah Spesifikasi dan Harga Samsung Galaxy J5 Pro dan J7 Pro

KabarTekno.id – Vendor smartphone asal Korea Selatan, Samsung kembali memboyong dua smartphone dari keluarga Galaxy …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *