Senin , 23 Oktober 2017
Home / Android / Oreo Diresmikan Menjadi Nama Android 8.0

Oreo Diresmikan Menjadi Nama Android 8.0

Google akhirnya secara resmi mengumumkan sistem operasi Android versi terbaru dengan nama “Oreo” setelah beberapa bulan sebelumnya dumumkan sebagai Android O. Hal ini tentu sesuai dengan prediksi dan harapan banyak orang, karena nama tersebut memasng sangat familiar. Di Indonesia sendiri brand Oreo dikenal dengan jargon Diputar…Dijilat…Dicelupin, yang sangat akrab ditelinga kita karena iklannya ditelevisi dan media lainnya hampir tiap hari kita lihat.

Android Oreo
Android 8.0 Oreo

Memang bukan yang pertama kalinya Google menggunakan sebuah merek sebagai nama resmi Android, sebelumnya ada Android KitKat yang digunakan sebagai code name Android v4.4. Google bahkan dapat menggunakan nama KitKat tanpa membayar biaya sepeser pun kepada Nestle maupun Hershey sebagai pemegang lisensi brand KitKat di Amerika Serikat. Lalu, apakah Google harus membayar kepada Nabisco selaku pemilik brand Oreo? Atau justru sebaliknya, Google yang mendapat keuntungan finasial dari pemegang merek oreo? Sejauh ini belum ada informasi mengenai detil kerjasama tersebut.

Android 8.0 Oreo

Sebagai sistem operasi mobile terpopuler, Android 8.0 Oreo tentu datang dengan sejumlah penyempurnaan yang meliputi tiga aspek, yakni performa, keamanan dan efisiensi daya. Android Oreo diklaim dapat  meluncurkan aplikasi lebih cepat, dengan kecepatan boot hingga dua kali lebih cepat dari generasi sebelumnya. Ditambah lagi dengan dukungan Android Instant Apps yang akan semakin mempercepat dan memuluskan kinerjanya secara signifikan.

Untuk mengatasi celah keamanan, Android 8.0 Oreo sudah terintegrasi dengan Google Play Protect sebagai solusi terbaru dari berbagai ancaman malware dan program jahat lainnya yang selama ini menjadi “hantu” utama bagi pengguna perangkat Android. Sedangkan dari aspek efisiensi daya, Google memastikan kalau perangkat yang menjalankan Android 8.0 Oreo akan memiliki daya tahan baterai yang lebih panjang berkat pembatasan dan optimalisasi aplikasi yang berjalan di latar belakang.

Baca juga :  Perbandingan Antara Xiaomi Redmi Note Prime vs Asus Zenfone 2

Fitur Android 8.0 Oreo

Fitur terbaru lainnya dari Android 8.0 Oreo meliputi mode picture-in-picture yang memungkinkan pengguna untuk melakukan panggilan video selagi membuka aplikasi lain dan notification dot untuk mempermudah pengelolaan pemberitahuan.

Perangkat Android besutan Google seperti seri Google Nexus dan Pixel dipastikan akan menjadi perangkat pertama yang kebagian jatah pembaruan OS versi terbaru ini. Sementara vendor pihak ketiga seperti Samsung, LG, Sony, Huawei, dan vendor lainnya dijadwalkan akan mendapatkan pembaruan Android Oreo mulai akhir tahun 2017 ini. Vendor-vendor smartphone Android juga dikabarkan sudah berencana untuk merilis perangkat baru dengan sistem operasi Android 8.0 Oreo ini.

Check Also

Daftar HP OPPO Terbaru di Indonesia

KabarTekno.id – Persaingan di pasar smartphone Indonesia semakin sengit saja, dengan hadirnya brand-brand smartphone baru …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *