Senin , 21 Agustus 2017
Home / Berita / JAQ, Power Bank ini bertenaga Air dan Garam
JAQ Power Bank
Power Bank ini tidak memerlukan daya listrik, melainkan hanya perlu Air dan Garam

JAQ, Power Bank ini bertenaga Air dan Garam

Untuk menunjang aktivitas sehari-hari hampir semua orang saat ini selalu membawa gadget seperti smartphone atau tablet, baik untuk keperluan produktivitas kerja maupun untuk sekedar hiburan seperti menonton video dan bermain game. Sayangnya kapasitas baterai smartphone sering tidak cukup untuk mentenagai smartphone seharian penuh. Sebagai solusinya diciptakanlah power bank yang dapat mengisi baterai smartphone saat smartphone kehabisan daya namun jauh dari sumber listrik. Namun power bank pun bisa kehabisan daya dan harus diisi ulang dengan daya listrik seperti halnya smartphone.

Memang sudah ada power bank yang sudah mengadopsi teknologi solar cell yang dapat diisi ulang dengan tenaga sinar matahari. Namun penggunaan power bank jenis ini dirasa kurang efektif, karena untuk mengisinya solar panel harus berada di bawah sinar matahari langsung agar power bank terisi daya listrik.

Perusahaan startup asal Swedia, MyFC, punya solusi untuk mengatasi masalah tersebut dengan memperkenalkan power bank yang diberi nama JAQ. JAQ benar-benar tidak memerlukan sumber listrik , melainkan hanya perlu air dan garam sebagai sumber enerinya. Reaksi kimia antara air dan garam inilah yang akan menjadi sumber daya dari power bank ini.

JAQ Power Bank

Lalu bagai mana cara kerjanya? powerbank ini terdiri dari cartridge yang berfungsi untuk menampung air dan garam. Lalu saat cartridge dimasukkan, JAQ akan mengkonversinya menjadi sebuah energi hidrogen, yang kemudian diubah menjadi arus listrik agar dapat digunakan untuk mengisi daya dari smartphone. Satu cartridge mampu memberikan tambahan daya hingga 1800 mAh, yang cukup untuk mengisi ulang smartphone seperti iPhone 6S hingga penuh. Untuk Gadget lain dengan kapasitas baterai besar juga bisa menggunakan JAQ, namun tentu memerlukan lebih dari satu cartridge. Sayangnya cartridge yang berisi air dan garam ini hanya bisa dipakai satu kali, jadi setelah melakukan pengecasan smartphone, anda harus mengganti dengan cartridge baru untuk penggunaan berikutnya.

Diperkenalkan pada ajang Consumer Electronic Show (CES) 2016 lalu, namun hingga saat ini MyFC masih melepas power bank JAQ kepasaran. Rencananya JAQ baru akan dipasarkan pada akhir 2016 nanti.

Check Also

OnePlus 5

OnePlus 5 Resmi diluncurkan, Usung Kamera Ganda 20 MP dan RAM 8 GB

KabarTekno.id – Pabrikan asal Cina, OnePlus akhirnya resmi meluncurkan smartphone Android terbarunya yang diberi label …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *