Home / Berita / iPhone 7 Akan Menerapkan Teknologi Berbasis Cahaya Li-FI?
iPhone 7
Ilustrasi (Kredit: The Week)

iPhone 7 Akan Menerapkan Teknologi Berbasis Cahaya Li-FI?

Setelah meluncurkan iPhone 6s dan iPhone 6s Plus September tahun lalu, Apple berencana mengapalkan smartphone flagship terbarunya pada kuartal ke-4 tahun ini. Kabar terbaru menyebutkan, bahwa Apple sedang melakukan serangkaian pengujian untuk menerapkan teknologi wireless data berbasis cahaya, Li-FI (Light Fidelity) di iPhone 7.

Sebagaimana yang dilaporkan oleh Tech Radar, Selasa (19/1/2016), informasi ini untuk pertama kalinya ditemukan oleh seorang pengguna Twitter bernama Chase Fromm, Dia menemukan coding pada file ‘chace library’ di pembaruan perangkat lunak iOS 9.1.  yang menyebutkan kemampuanLi-FI.

Li-FI adalah teknologi alternatif lain selain WiFi yang selama ini kita kenal untuk konektivitas internet secara nirkabel. LiFi diciptakan oleh Professor Harald Hass dari University of Edinburgh, dimana teknologi ini memiliki transfer data bukan melalui gelombang radio seperti yang digunakan saat ini, melainkan melalui spektrum visual. Karena berbasis cahaya, teknologi ini disinyalir akan 100 kali lebih cepat dibandingkan Wi-Fi.

Teknologi Li-FI
Ilustrasi (Kredit: gadgetlio)

Bukan hanya Apple yang melakukan pengujian teknologi ini,  akhir tahun lalu, sebuah perusahaan startup sudah mengembangkan lampu pintar LiFi LED. Hasilnya, selama  dilakukan pengujian, lampu pintar itu mampu mengirimkan data melalui LiFi hingga kecepatan 1 Gbps, Artinya, dengan Li-FI kita bisa mengunduh file video atau film dengan resolusi HD hanya dalam hitungan detik. Dimasa mendatang teknologi Li-FI ini diprediksi akan menggantikan Wi-FI yang kita gunakan sekarang.

Check Also

Daftar HP Android Meizu Terbaik di Indonesia

Daftar HP Android Meizu Terbaik di Indonesia

KabarTekno.id – Sebagai salah satu vendor smartphone yang berasal dari negeri Tiongkok, Meizu termasuk yang …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *