Senin , 21 Agustus 2017
Home / Berita / Google Chrome Akan Semakin Cepat Berkat Algoritma Brotli
Algoritma Brotli Google Chrome
Ilustrasi Google Chrome

Google Chrome Akan Semakin Cepat Berkat Algoritma Brotli

Adhepedia – Selama ini  browser (peramban) Chrome dari Google memang dikenal sebagai peramban yang ringan dan cepat. Dan Nantinya menjelajah (Browsing) laman web dengan Chrome akan semakin cepat berkat hadirnya algoritma kompresi terbaru Google yang disebut Brotli.

Brotli pada dasarnya merupakan algoritma yang akan mengkompresi data berupa file gambar, audio, video dan elemen lainnya dari sebuah halaman website menjadi lebih kecil. Dengan ukuran file yang lebih kecil akan menyebabkan waktu muat (Loading Time) pada peramban web menjadi lebih cepat.

Brotli diklaim mampu melakukan kompresi data lebih efisiens antara 20-26 persen, dibanding algoritma kompresi yang saat ini digunakan Chrome, yang bernama Zopfli. Dengan algoritma Brotli ini, pengguna perangkat mobile seperti smatphone bisa menghemat penggunaan data internet dan akan berpengaruh juga pada konsumsi daya baterai yang lebih sedikit.

Menariknya, Google akan menjadikan algoritma Brotli sebagai sistem terbuka, sehingga  memungkinkan pengembang dari perusahaan teknologi lain bisa menggunakan algoritma Brotli ini di browser yang mereka buat.  Dikabarkan juga kalau Mozilla, tertarik untuk mengadopsi algoritna Brotli ini untuk diterapkan pada peramban besutannya,Firefox. Namun Mozilla belum mengkonfirmasi, kapan Firefox akan didukung dengan teknologi kompresi ini.

Dengan diperkenalkannya algoritma Brotli ini , semakin menguatkan komitmen Google meberikan pengalaman mengakses internet yang lebih baik. Sebelumnya ini, Google juga sudah meluncurkan pembaruan Fitur Data Saver pada pengguna perangkat Android, yang memungkinkan penghematan data hingga 70 persen.

Teknologi algoritma Brotli ini tentunya akan sangat bermanfaat, terutama untuk kita di Indonesia, yang memiliki koneksi internet yang terbilang lambat dan masih mahal, bahkan bila dibandingkan negara Asean sekalipun. Dengan Kompresi data yang lebih kecil, kita akan dapat menikmati pengalaman mengakses internet yang lebih cepat dan lebih hemat tentunya.

Check Also

Spesifikasi dan Harga ZUK Edge

Zuk Edge Resmi Dirilis, Usung Snapdragon 821 dan 2 Pilihan RAM

Setelah rumor dan bocorannya beredar beberapa minggu lalu, Zuk Edge akhirnya resmi dirilis sesuai jadwal …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *